Pendidikan Islam di Lingkungan Multikultural Pada Anak Usia Menengah

Pendidikan Islam di Lingkungan Multikultural Pada Anak Usia Menengah

Pendidikan Islam di Lingkungan Multikultural Pada Anak Usia Menengah

 


Abstrak

Indonesia, sebuah negara yang beragam dengan kekayaan budaya dan etnis, menghadapi tantangan unik dalam membina lingkungan pendidikan yang harmonis bagi generasi mudanya. Penerapan pendidikan multikultural sangat penting dalam membentuk karakter peserta didik Indonesia, karena mendorong toleransi, tanggung jawab, dan saling pengertian antar individu dari berbagai latar belakang. Dalam konteks pendidikan Islam untuk anak usia menengah, penting untuk memasukkan ajaran yang menekankan universalitas nilai-nilai Islam dan pentingnya menghormati dan memahami budaya dan keyakinan yang berbeda. Dengan mengedepankan rasa saling menghormati dan pengertian, sekolah Islam dapat membina generasi muda yang tidak hanya berlandaskan keyakinan namun juga dibekali dengan keterampilan untuk menjembatani perbedaan dan berkontribusi positif terhadap masyarakat majemuk.

 

 

Kata kunci : Pendidikan Islam, Kurikulum Multikultural, Anak usia menengah

 

Abstract

Indonesia, a diverse nation with a rich tapestry of cultures and ethnicities, faces the unique challenge of fostering a harmonious educational environment for its youth. The implementation of multicultural education is crucial in shaping the character of Indonesian students, as it encourages tolerance, responsibility, and mutual understanding among individuals from diverse backgrounds. In the context of Islamic education for middle childhood, it is essential to incorporate teachings that emphasize the universality of Islamic values and the importance of respecting and understanding different cultures and beliefs. By promoting mutual respect and understanding, Islamic schools can nurture a generation of young individuals who are not only grounded in their faith but also equipped with the skills to bridge differences and contribute positively to a pluralistic society.

 

 

Keywords: islamic Education, multicultural curriculum, middle age children







DAFTAR PUSTAKA

1.     Muhamad Mustaqim dan Hikmatul Mustaghfiroh, Pendidikan Islam Berbasis Multikulturalisme, Kudus : ADDIN, Vol.7 No. 1 Februari 2013

2.     Muhaimin, Kotrovensi Pemikiran Fazlur Rahman, (Cirebon: Pustaka Dinamika) 1999

3.     Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam,  (Jakarta: Ciputat Pers) 2002

4.     Hasan Langgulung, Azas- Azas Pendidikan Islam, (Jakarta: Pustaka Al-Husna) 1992

5.     Al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, (Jakarta: Bulan Bintang) 1979

6.  Lash, Scott dan Mike Featherstone (ed). Recognition and Difference: Politics, Identity, Multiculture. London: Sage Publication. 2002

7. Sanusi, A.Effendi. Pendidikan multikultural dan Implikasinya. 2008. http:/ /blog. unila.ac.id.effendisanusi.

8.   Syafiq A. Mughni, Pendidikan Berbasis Multikulturisme dalam Choiril Mahfud, Pendidikan Multikulturisme (Cet. II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (2008),

9. Pupu Saeful Rahmat. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/04/04/wacana-pendidikanmultikultural-di-indonesia/4 April 2008 by Akhmad Sudrajat. Diakses Mei 2024

10.  Sopiah, Pendidikan Multikultural Dalam Pendidikan Islam, Pekalongan: Forum Tarbiyah Vol.7, No.2, Desember 2009     


Belum ada Komentar untuk "Pendidikan Islam di Lingkungan Multikultural Pada Anak Usia Menengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel